Jumat, 12 Oktober 2012

mempercantik kulit


1. Seafood
Bahan Aktif: Omega-3 fatty acids, zinc
Manfaat: Memperhalus, membersihkan, dan memperindah kulit
Gizi utama yang membuat ikan begitu bagi untuk kulit adalah zinc, dan terutama omega-3 fatty acids. Meningkatkan konsumsi omega-3 bisa mengurangi kekeringan dan peradangan.
Peradangan bisa menyebabkan kulit cepat menua, dan penelitian menunjukkan bahwa kekurangan omega-3 mungkin bisa menyebabkan inflammatory disorders misalnya eczema dan psoriasis.
Omega 3 fatty acid juga membantu arterie jantung tetap bersih, sehingga sirkulasi meningkat. Dan sirkulasi yang lancar itu sangat penting bagi kesehatan kulit.
Zinc bisa membantu memerangi jerawat, karena zinc terlibat dalam metabolisasi testosterone, yang mempengaruhi produksi dari zat berminyak yang menyebabkan sebum, yaitu penyebab utama dari jerawat.
Zinc juga membantu dalam pembentukan cell-cell baru, dan menyingkirkan cell kulit yang mati, sehingga membuat kulit tampak lebih bersinar. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan ini dari flaxseed oil dan kenari.
2. Buah-buahan Citrus
Bahan Aktif: Vitamin C
Manfaat: Memperhalus dan mengencangkan kulit
Vitamin C adalah bahan perawatan kulit yang utama dari berbagai cream kecantikan. Vitamin ini membantu tubuh untuk memproduksi collagen, sebuah protein yang membentuk struktur dasar dari kulit anda.
Penurunan jumlah collagen, yang mulai terjadi secara significant saat kita berusia sekitar 35 tahun, bisa menimbulkan kerutan dikulit.
Dengan mendapat vitamin C extra melalui makanan misalnya orange, jeruk Bali, Acerola cherries dan tomat, bisa membantu mengencangkan kulit dan mencegah kerutan.
Vitamin C juga mungkin bisa memerangi peradangan, dan antioxidant yang dikandungnya bisa menetralisir radikal bebas yang merusak cell-cell kulit dan menyebabkan penuaan dini pada wajah anda.
3. Sayuran Merah dan Hijau
Bahan Aktif: Vitamin A, beta-carotene
Manfaat: Mencerahkan dan menghaluskan kulit
Kulit adalah organ tubuh yang terbesar. Jadi rasanya masuk akal jika apa yang baik untuk seluruh tubuh anda juga baik untuk kulit anda, dan selama hal itu menyangkut makanan, tidak ada yang lebih baik dibanding sayuran.
Terutama sayuran yang berwarna hijau dan merah misalnya wortel, ubi rambat  dan bayam.
Sayuran yang berwarna merah itu banyak mengandung beta-carotene. Tubuh kita mengubah beta-carotene menjadi vitamin A, yang bertindak sebagai antioxidant untuk mencegah kerusakan cell dan penuaan dini.
Dalam kasus vitamin A, anda juga akan mendapat manfaat anti-jerawat, karena vitamin A telah lama digunakan dalam perawatan jerawat.
Bayam dan sayuran hijau lainnya, juga banyak menyediakan vitamin A, yang membantu kulit anda untuk memproduksi cell-cell baru dan menyingkirkan yang lama, mengurangi kekeringan, dan menjaga wajah anda agar tetap terlihat cerah dan awet muda.
Vitamin A sebaiknya di dapat dari makanan dan bukan dari supplement, karena terlalu banyak vitamin A bisa menimbulkan masalah kesehatan.
4. Kacang-kacangan
Bahan Aktif: Vitamin E
Manfaat: Meremajakan dan menghaluskan kulit
Sama seperti makanan untuk kulit sehat lainnya, kebaikan yang terdapat di dalam kacang-kacangan (terutama almond) ada hubungannya dengan aktivitas antioxidant.
Vitamin E membantu anda dalam memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit, terutama melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.
Vitamin E juga cenderung untuk membantu kulit dalam mempertahankan kelembabannya, memulihkannya dari kekeringan dan membuat kulit tampak lebih muda.
Memadukan vitamin E dengan selenium bisa meningkatkan kemampuan antioxidant.
Almond, pistachios dan walnuts juga banyak mengandung omega-3 fatty acid, yang sangat baik untuk kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar