Kamis, 29 November 2012

Tips Mempercantik Rumah Jelang lebaran

Saat memasuki hari lebaran umumnya masyarakat kita disibukkan dengan berbagai kegiatan bersih-bersih rumah guna mempersiapkan segala keperluan untuk memeriahkan datangnya hari kemenangan. Kegiatan mempercantik dan memperindah rumah juga salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan bagi mereka yang berlebaran di rumah atau tidak berencana mudik ke kampung halaman.


Tak jarang dalam mempercantik rumah, kita sering kali menggunakan cara serba instan—seperti mengganti berbagai perabotan rumah dengan yang baru—meski perabotan itu masih layak pakai. Akibatnya tanpa disadari pengeluaran Anda pun membengkak secara drastis.

Tips mempercantik rumah menjelang lebaran berikut ini layak anda coba untuk menekan biaya perawatan rumah serta mengurangi pengeluaran saat hari raya tiba.


1 - Ganti suasana rumah dengan menata ulang perabotan:
Meski terlihat simpel, menata ulang letak perabotan membuat suasana rumah terlihat cantik berbeda. Cobalah mengatur kembali letak perabotan seperti menata meja makan, perhatikan apa yang harus tersedia di atas meja makan, letakkan piring,garpu,piring,gelas pada tempat yang sesuai.

2 - Tentukan tema warna:
Agar rumah terlihat cantik, cobalah menggunakan warna yang sesuai dengan gaya rumah Anda, keserasian warna antara dinding ruangan, perabotan maupun asesoris juga harus dipertimbangkan.  Diskusikan dahulu pada anggota keluarga yang lain dalam menentukan warna apa yang akan dijadikan tema pada lebaran tahun ini.

3 - Atur pencahayaan:
Salah satu komponen untuk mempercantik rumah adalah pencahayaan. Agar keindahan rumah makin menonjol, Anda bisa menambahkan titik-titik lampu yang berfokus pada objek yang ingin ditampilkan.  Selaraskan pencahayaan dengan konsep rumah Anda.

4 - Tambahkan bunga
Meletakkan bunga pada bagian rumah seperti sudut ruangan atau sisi tangga dapat menambah kesan alami   keindahan, Anda bisa menaruh bunga di ruang makan, ruang tamu, balkon atau sudut lain di mana Anggota keluarga paling banyak menghabiskan waktu saat di rumah. Agar tak merusak keindahan bunga, jangan menempatkan bunga di atas meja yang sudah penuh dengan aneka asesoris seperti pajangan dan  bingkai foto. Sesuaikan ukuran dan bentuk bunga dengan vas pilihan.

5 - Ganti cover perabotan
Tukar pelapis bantal, kursi, sofa dengan cover yang baru, sesudah lebaran cover yang lama bisa digunakan kembali. hal ini jauh lebih murah dibanding mengganti perabotan yang harganya mahal.

Dengan menerapkan lima tips sederhana diatas, Semoga suasana rumah cantik ketika lebaran dapat diwujudkan. Anda pun dapat menghindari pemborosan karena tidak perlu membeli furniture  yang tidak perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar