Kamis, 29 November 2012

Tanaman Untuk Mempercantik Kolam Taman

Ingin menambahkan keindahan taman dengan kolam? Biarkan seputar kolam tetap bersih, namun tambahkan tanaman untuk mempercantik kolam. Voila! Anda memiliki kolam yang eye-catching sebagai fokal poin taman hunian.
Memilih tanaman kolam juga melibatkan beberapa pertimbangan. Berikut beberapa jenis tanaman berdasarkan klasifikasi yang dapat dipilih.

Tanaman Oxygenator
Beberapa tanaman dapat dimanfaatkan untuk memelihara  kualitas air. Salah satunya adalah tanaman oxygenator atau sering dikenal sebagai hydra.
Seperti namanya, tanaman bernama asli anacharis ini bertujuan menambahkan oksigen dalam air kolam. Tanaman  oksigenator berakar ke bawah, tetapi kebanyakan hanya mengapung di air. Tanaman ini bekerja menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen seiring pertumbuhan mereka.
Umumnya tanaman oxygenator tumbuh dan berkembang biak cukup cepat. Dari beberapa buah saja, dengan tempo singkat berkembang hingga memenuhi kolam.
Bunga Teratai
Ada beberapa varietas lili air atau teratai, namun kebanyakan  ideal ditanam dalam wadah yang duduk di dasar kolam.  Seiring berjalannya waktu, mereka  akan menghasilkan bunga yang menakjubkan dan daun di permukaan air.
Bunga teratai muda akan muncul setelah tanaman cukup subur dan mapan. Tanaman yang cukup tua dapat dilempar begitu saja di kolam, namun tanaman yang muda sebaiknya jangan lebih dari 15 atau 20 cm dari atas kerikil dasar kolam.
Tanaman Marjinal
Beberapa jenis tanaman yang berdaun atau sedikit batang dan cenderung tegak di pinggir kolam dapat ditanam dalam wadah dan ditempatkan di perairan dangkal. Bagi kolam tak bertepi, tanaman marjinal seperti, papirus, futoi, alang-alang dan bunga iris dapat diaplikasikan.
Sebaiknya jangan meletakkan tanaman marjinal  langsung di bawah air, namun dapat dimulai dari tepian kolam. Begitu juga, jangan meletakkan tanaman marjinal di bawah air terjun karena dapat membuat mereka busuk dan mati.
Tanaman Mengapung
Beberapa tanaman mengapung seperti  water soldier  dan eceng gondok juga dapat memperindah kolam di taman Anda. Mereka memiliki fisik mengapung di atas air, begitu pula dengan bunga-bunga indah yang dihasilkan.
Selain itu, mereka juga memberikan keteduhan yang cukup sehingga suhu air juga ikut terjaga ketika cuaca panas. Dan, mereka juga dapat memperlambang pertumbuhan alga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar